Senin, 23 Januari 2012
Jumat, 20 Januari 2012
modul dan soal-soal UN dan olimpiade
Disini tersedia materi matematika SMK-MA-SMA yang dapat didownload dan dipersembahkan bagi rekan-rekan, siswa-siswi, dan siapapun yang memerlukannya, file-filenya berformat PPT dan PDF.
File-file disusun berdasarkan materi per-semester yang berlaku di SMKN 1 Cimahi, yang berisi Modul dan Soal-soal UN, soal-soal Olimpiade SD,SMP,SMA dan SMK dan juga ada beberapa file pembahasan, file-file tersebut hasil saya download dari berbagai sumber.
SETELAH MEN-DOWNLOAD FILE-FILE BERIKUT INI TIDAK DIPERGUNAKAN UNTUK TUJUAN KOMERSIAL
Semoga bermanfaat.
MATERI TINGKAT X
Semester 1
o Operasi Bilangan Real
o Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
o Aproksimasi Kesalahan
Semester 2
o Matriks
o Program Linear
o Logika Matematika
MATERI TINGKAT XI
SEMESTER 3
o Trigonometri
# MODUL PPT(http://www.mediafire.com/download.php?he73my3odtybx28)
00 Trigonometry.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?h7terac3zjmxggs
01 Trigonometry.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?he73my3odtybx28
02 Trigonometry Lectures.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?9q80bckhjcjx9as
03 2.3 Trigonometric Functions of 30,45,60.ppt = http://www.mediafire.com/?ooaf5ol4wcf4663
04 2.4 Trigonometric functions of general angles.ppt = http://www.mediafire.com/?6ablblshihm996b
06 TRIG JUMLAH DAN SELISIH SUDUT.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?jox8ops75drk5a6
07 Sum to Product Formulas.ppt = http://www.mediafire.com/?p7g1914uvuipyyl
08 TRIG koordinat-kutub.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?5ah71c7lhe8tahr
09 LUASSEGITIGA.ppt = http://www.mediafire.com/?gv6ppp962vhzza8
10 Math-XI-IPA-1_2-1_JumlahKaliSinusCosinus-nurmata.ppt =
11 Sudut Rangkap.ppt = http://www.mediafire.com/?xdec4wppx41ukl5
12 Persamaan Trigonometri.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?ayszsd68a67db59
13 Trigonometri selisih 2 sudut.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?l9yqisrsde3dd1y
14 Trigonometri-3-(bentuk cos x + sin x).ppt = http://www.mediafire.com/download.php?5zzo5urxoovrzaw
15 Trigonometric Identities.ppt = http://www.mediafire.com/?6x6b1roto7ps44s
16 Uses of Trigonometry.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?ziomv1ozdso9g8g
17 Verifying Trigonometric Identities.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?ygtyfswkc9xywug
18 Double and Half Angle Formulas.ppt = http://www.mediafire.com/?6xoz344jb747zv5
19 Sum and Difference Formulas.ppt = http://www.mediafire.com/?lhn613z2j732gbp
20 Trigonometry Functions of General Angles.ppt = http://www.mediafire.com/download.php?970ahtwn46x6ot5
# MODUL PDF (PPGM - Trigonometri SMA.pdf) = http://www.mediafire.com/download.php?96258cqhr5dqnh6
@ SOAL (Soal Trigonometri.pdf) = http://www.mediafire.com/?wjbgdyvouf3yj5g
o Relasi dan Fungsi
o Barisan dan Deret
# MODUL PDF (Barisan Aritmatika) = http://www.mediafire.com/?vlc3ehhowt7n3w7
# MODUL PDF (Barisan Geometri) = http://www.mediafire.com/?us4q58j4adwc746
# MODUL PDF (Notasi Sigma) = http://www.mediafire.com/?x1v4a8ctcs6uxd3
$ MODUL PPT (Deret - Tari) = http://www.mediafire.com/?yttouecqwktmwcv
$ MODUL PPT (Pengubinan) = http://www.mediafire.com/?aa3tgbw2jd2zzwh
$ MODUL PPT (Barisan dan Deret) = http://www.mediafire.com/?zoye57b2twtuj1m
$ MODUL PPT (Latihan Soal) = http://www.mediafire.com/?undefined
@ SOAL PDF (Barisan dan Deret) = http://www.mediafire.com/?1m9aejfjeay5uo6
SEMESTER 4
o Geometri 2D
# MODUL PPT()
> Geo Bidang Datar = http://www.mediafire.com/?2i1xyq8dfqjojwb
> Bentuk-bentuk Geometri = http://www.mediafire.com/?1bd1b1nd6qx8a2b
> Transformasi Geometri = http://www.mediafire.com/?cjaza1fjd8a21r2
@ SOAL PDF (Geometri 2D) = http://www.mediafire.com/?96jh34aggo542dt
o Geometri 3D
# MODUL PPT()
> Dimensi 3 - Limas - Kerucut = http://www.mediafire.com/?zux3587bb9n2in7
> Dimensi 3 - Irisan by Leni = http://www.mediafire.com/?zde8jdsdbhl68cs
> Dimensi 3 - Kubus-Balok-Tabung = http://www.mediafire.com/?4unebarenvsmte9
> Dimensi 3 - http://www.mediafire.com/?l6i26b8haom2192
> Dimensi 3 - Proyeksi - Sudut = http://www.mediafire.com/?wk8bi8xkzno83xm
> Dimensi 3 - Jarak = http://www.mediafire.com/?t3h55uk2r3fauxp
> Dimensi 3 - Irisan Bidang = http://www.mediafire.com/?2bupbkavevl75by
@ SOAL PDF (Geometri 3D) = http://www.mediafire.com/?7no66566p5u87n1
o Vektor
# MODUL PPT()
> Bab2-Vektor.ppt = http://www.mediafire.com/?p577svfpmvavnie
> w2_Vektor_1.ppt = http://www.mediafire.com/?7ah6gn7bymyul77
> a.vektor.ppt = http://www.mediafire.com/?0ibps1y7vjd3ym6
> hasil-kali-skalar-dua-vektor.ppt = http://www.mediafire.com/?zome5r6gxhc76yh
> Vektor_cross_product.ppt = http://www.mediafire.com/?3z7x0mk6ou85lsb
@ SOAL PDF (Vektor) = http://www.mediafire.com/?amq1kwneo71g56h
MATERI TINGKAT XII
Semester 1
o Limits
o Defferensial
o Integral
Semester 2
o Peluang
o Statistika
o Irisan Kerucut
SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL ,OLIMPIADE DAN SEBAGIAN PEMBAHASANNYA
EBTANAS MAT SMA (194).pdf = http://www.mediafire.com/download.php?lfi5ei441a8gwso
IMSO (183).pdf = http://www.mediafire.com/download.php?ux9jv4y4sx2zow8
MAT SPMB (79).pdf = http://www.mediafire.com/?9iaru3v7gi1kdez
OLIMPIADE MAT APMO (7).pdf = http://www.mediafire.com/?vs9fy52wotiguss
OLIMPIADE MAT IMO (44).pdf = http://www.mediafire.com/download.php?n0cwlw7vdggndbg
OLIMPIADE MAT SMK (57).pdf = http://www.mediafire.com/?ot5abbeeotfcldw
OSN Matematika SD (68).pdf = http://www.mediafire.com/?11nv5abhe53n3wf
PEMBAHASAN UN MAT SMA 001 (68).pdf = http://www.mediafire.com/?s4tgrd91eg9cmid
PEMBAHASAN UN MAT SMA 2004 (85).pdf = http://www.mediafire.com/download.php?z21j1zn811j1yfx
SOAL UN MAT SMA (89).pdf = http://www.mediafire.com/?a4vdd7e2w96epj6
SOAL UN MAT SMA BAHASA (107).pdf = http://www.mediafire.com/?ge6trpdv9dku82o
SOAL UN MAT SMA IPA (192).pdf = http://www.mediafire.com/?11or344epq7ao75
SOAL UN MAT SMA IPS (117).pdf = http://www.mediafire.com/?9iaru3v7gi1kdez
SOAL UN MAT SMK Rangkuman (61).pdf = http://www.mediafire.com/?bvevewhdtg94u0q
SOAL UN MAT SMK BATANG (269).pdf = http://www.mediafire.com/download.php?9492tnwgxj44lxs
SOAL UN MAT SMP Rangkuman (93).pdf = http://www.mediafire.com/?ge6trpdv9dku82o
SOAL UN MATH SMP 2008 (33).pdf = http://www.mediafire.com/?11or344epq7ao75
SOAL OLIM SMP :
= http://examsworld.us/kumpulan-soal-olimpiade-matematika-smp.html
= http://www.mediafire.com/?rdnfa6e94je4z9a
= http://www.mediafire.com/?eae0zgtd89lb5po
= http://www.mediafire.com/?kzrmx481mrlfrw6
LAIN-LAIN
> RUMUS CEPAT MATEMATIKA = http://www.mediafire.com/?bptw7tc640kjbty
“Kembalikan sastra indonesia…!”
“Kembalikan
sastra indonesia…!”
I.
Latar belakang :
Lambatnya
perkembangan sastra indonesia.
II.
Tujuan :
Untuk
mengetahui sebab dan akibat permasalahan.
III.
Pembahasan :
sastra
adalah salah satu budaya bangsa yang pernah meraih puncak kejayaan pada masa
lama, yakni pada abad 20 (1901-2000) dimulai dari zaman balai pustaka (1920-1933)
hingga akhir dasawarsa 1990. Saat itu banyak bermunculan sastrawan-sastrawan
berbakat seperti dalam dunia puisi chairil anwar, taufik ismail, asrul sani,
dan lain-lain. Karya-karya merekapun tidak hanya diam dalam lembaran coretan
saja. Tapi, dapat terealisasikan dengan baik. Sehingga penikmat-penikmat sastra
dapat menikmatinya. Namun sayang, perkembangan sastra mulai dikatakan lambat.
Terutama pada tahun 2000-an, sastrawan-sastrawan baru indonesia mulai tak
terdeteksi, mungkin, hanya abdurrahman faiz yang mampu menunjukkan diri dengan
karyanya “untuk bunda dan dunia”. Semua terjadi disebabkan oleh menurunnya
penikmat sastra indonesia pada dunia nyata. Sastra lamapun saat ini mulai
terlupakan. Di zaman teknologi yang mulai canggih ini. Memang didunia maya
perkembangan sastra telah mulai membaik. Dapat kita lihat, kini mulai banyak
bermunculan situs-situs sastra dan ada juga beberapa pihak yang mengadakan
lomba pada situs mereka dengan tujuan meningkatkan dan mengembalikan kejayaan
sastra. Namun, perkembangan didunia maya ini memiliki beberapa kelemahan
diantaranya, jangkauannya yang kurang luas. Sehingga, banyak penikmat-penikmat
sastra yang tidak dapat merasakan perkembangan ini. Kelemahan ini disebabkan
oeh beberapa hambatan, antara lain :
1.
Dunia
maya / internet tidak dapat menjangkau seluruh kalangan.
2.
Masih
banyaknya penikmat dan peminat sastra yang tidak dapat mengakses internet,
bahkan menggunakan computer.
3.
Dan
lain sebagainya.
IV.
Kesimpulan :
dari
pembahasan diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa lambatnya perkembangan
sastra indonesia ini membawa beberapa akibat, seperti semakin menurunnya angka
peminat dan penikmat sastra yang dapat menyebabkan sastra indonesia terlupa
sebagai warisan budaya bangsa. Permasalahan mungkin disebabkan karena kurangnya
pengembangan bakat, pengenalan sastra indonesia pada mayarakat luas. Jadi, ada
beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyelesiakan permasalahan ini,
seperti :
1.
Mensosialisasikan
dan mengenalkan “apa itu sastra indonesia ?”.
2.
Menumbuhkan
semangat cinta sastra.
3.
Meningkatkan
pengembangan bakat sastra generasi muda indonesia.
angka dan bilangan indonesia memiliki pola yang unik...!
angka dan bilangan indonesia memiliki pola yang unik...!
Ternyata angka atau bilangan dengan menggunakan bahasa
Indonesia memiliki struktur atau pola yang unik dan mungkin tidak akan
ditemukan di bangsa lain. Hanya di Indonesia.
Setiap bangsa, negara dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh. Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.
Bahkan bila ada yang masih ingat angka-angka tersebut dalam bahasa daerah teman-teman masing-masing dari satu sampai sepuluh maka kadang ada angka yang penyebutannya sama dan ada pula yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Mungkin tergantung dari enaknya di lidah atau di telinga.
Langsung saja. Di sini saya bukan mengajarkan Anda berhitung tapi coba perhatikan deretan angka-angka di bawah ini.
1 = Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan
Setiap bangsa, negara dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh. Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.
Bahkan bila ada yang masih ingat angka-angka tersebut dalam bahasa daerah teman-teman masing-masing dari satu sampai sepuluh maka kadang ada angka yang penyebutannya sama dan ada pula yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Mungkin tergantung dari enaknya di lidah atau di telinga.
Langsung saja. Di sini saya bukan mengajarkan Anda berhitung tapi coba perhatikan deretan angka-angka di bawah ini.
1 = Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan
Ternyata setiap bilangan mempunyai
saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini
dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya Satu dan Sembilan.
Mempunyai huruf awal yaitu S dan bila djiumlahkan satu dan sembilan hasilnya
adalah sepuluh.
Begitu juga dengan Dua dan Delapan,
Tiga dan Tujuh kemudian Empat dan Enam. Terurut
sampai dengan angka Lima. Lima dijumlah dengan dirinya sendiri juga hasilnya
sepuluh.
Tidak sampai di situ, ternyata huruf awalnya juga punya peranan penting terbentuknya bilangan itu. Misalnya Satu dan Sembilan sama-sama huruf awalnya adalah S yang secara kebetulan berada pada urutan 19 dalam alpabet. Bila angka satu dan sembilan dijumlahkan kemudian dibagi dua untuk mencari rata-ratanya maka hasilnya adalah 5. Bentuk angka 5 sangat identik dengan huruf S. Yang pernah membaca Matematika Alam Semesta, perlu ditambahkan bahwa 19 adalah angka TUHAN.
Kemudian Dua dan Delapan. Huruf awalnya adalah D yang urutan keempat. Bila delapan dibagi dua maka hasilnya adalah empat (pembenaran).
Selanjutnya Empat dan Enam. Huruf awalnya adalah E yang urutan kelima. Lima berada diantara Empat dan Enam (pembenaran lagi).
Sedangkan angka Lima huruf awalnya adalah L. Dimana L digunakan untuk simbol angka lima puluh dalam perhitungan Romawi (pembenaran yang masih nyambung).
Lalu bagaimana dengan Tiga dan Tujuh? Ternyata susah cari pembenarannya. Ditambah, dikurang, dibagi dan dikali ternyata belum juga ketemu. Tiga dikali tujuh hasilnya 21, kurang satu angka dengan huruf T yang urutan ke 20. Tapi simbol V digunakan untuk menunjukkan angka tujuh dalam perhitungan Arabic. Dan V diurutan ke-22.
Ternyata, tidak pakai matematika. Cukup ditulis saja di kertas kosong kemudian pasti bisa ketemu hubungannya. Coba tulis huruf T kecil (t) di sebuah kertas. Kemudian putar kertasnya 180 derajat maka kamu bisa lihat angka tujuh dengan jelas. Lalu bagaimana dengan angka tiga? Juga sama. Tulis huruf T besar di kertas pakai font Times New Roman kemudian putar 90 derajat ke kanan searah jarum jam. Tada…. Kamu pasti bisa lihat angka tiga dengan jelas. Tapi sedikit mancung. (pembenaran yang juga dipaksakan sekali).
Pola unik ini mungkin hanya bisa ditemukan di Indonesia. Lalu bagaimana dengan di Malaysia yang juga memakai bahasa yang sama? Ternyata di Malaysia angka 8 tidak disebut sebagai Delapan tapi Lapan. Jadi pola ini hanya milik Indonesia. Jangan sampai diklaim juga sama mereka.
Senin, 09 Januari 2012
SEPAK BOLA
sepak
bola adalah permainan bola
yang sangat populer dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan
sebelas orang.
Sejarah
v
5.000 sebelum Masehi: Sepakbola
dimainkan di Cina dengan nama tsu chu. Selain untuk melatih fisik tentara,
permainan ini dipertandingkan saat kaisar ulang tahun.
v
2.500 sebelum Masehi: Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepakbola sebagai bagian
dari ritual keagamaan. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini.
Tahun Masehi: Penemuan dokumen-dokumen sepakbola di Roma dan Yunani.
v
600-1600: Orang Meksiko dan Amerika
Tengah membuat bola dari karet. Permainan
di sana merupakan gabungan dari basket, voli
dan sepakbola. Abad pertengahan: Italia, Prancis
dan Eropa lainnya mulai menemukan sepakbola.
v
1500: Italia menemukan calcio dengan pemain satu tim lebih dari 27
orang. Permainannya sangat sederhana: menendang, mengoper dan menggiring bola
untuk di bawa ke garis gol.
Belum ada gawang.
v
1561: Richard Mulcaster mengadopsi calcio dari Florence ini untuk diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah
di Inggris.
v
1572: Ratu
Elizabeth I serius melarang sepakbola dan
menyediakan penjara bagi rakyatnya yang memaksa bermain.
v
1600-an: Orang Eskimo juga mulai
memainkan aqsaqtuk atau bermain bola di atas es. Sebuah legenda menyebut orang
dari dua desa bermain aqsaqtuk dengan panjang lapangan mencapai 13 kilometer.
v
1820-an: Sepakbola mulai dimainkan
di universitas-universitas Amerika Serikat seperti Harvard, Princenton, dan Amherst.
v
1830-an: Sepakbola modern mulai
tumbuh. Olahraga ini dimainkan oleh para pekerja saat istirahat atau oleh
anak-anak yang bermasalah di rumah atau sekolah. Kerjasama tim mulai
dirumuskan.
v
1885: Sepakbola profesional
diperkenalkan.
v
1886: Rapat pertama pembentukan
asosiasi sepakbola dunia.
v
1930: Kejuaraan Dunia pertama di Uruguay. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) didirikan.
v
1958: Tayangan pertama Kejuaraan
Dunia.
v
1977: Kejuaraan Dunia untuk usia di
bawah 20 tahun.
v
2010: Teknologi garis gawang di
ujicoba.
Peraturan sepak bola
Peraturan
resmi permainan sepak bola (Laws of the Game) adalah:
v Peraturan 3: Jumlah Pemain
v Peraturan 4: Peralatan Pemain
v Peraturan 5: Wasit yang mengatur pertandingan
v Peraturan 7: Lama Permainan
v Peraturan 8: Bola Keluar dan di Dalam Lapangan
v Peraturan 9: Cara Mendapatkan Angka
v Peraturan 11: Pelanggaran
v Peraturan 12: Tendangan bebas
v Peraturan 13: Tendangan
v Peraturan 14: Lemparan dalam
v Peraturan 15: Tendangan gawang
Selain
peraturan-peraturan di atas internasional , keputusan-keputusan Badan Asosiasi
Sepak bola Daerah (IFAB) lainnya turut menambah peraturan dalam sepak bola.
Taktik Permainan
Taktik
yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola adalah sebagai berikut:
Langganan:
Postingan (Atom)