Selasa, 26 November 2013

Suka atau Tidak Suka, Jalani Saja!

 “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,” [Q.S. Al Baqarah: 216 ]


Andai kita mampu menulis skenario hidup kita sendiri. Tentu hidup juga tak akan seseru ini. Karena kita telah tahu apa yang akan kita lalui. Tidak akan banyak kejutan-kejutan yang akan kita temui.

Kita telah tahu apa yang terjadi pada diri kita. Bagaimana respon orang lain terhadap apa yang kita lakukan. Kapan kita akan menamatkan sekolah, meraih gelar sarjana, menikah, punya anak, bla.. bla.. bla..

Kita bisa saja menulis sesuatu yang baik untuk kita, hidup tanpa masalah, atau apa saja yang kita suka. Atau menjauhkan diri kita dari apa-apa yang tidak kita suka. Tapi itu semua lama-kelamaan tentu juga akan terasa membosankan. Benar-benar membosankan. Kita hidup hanya bergantung pada diri kita sendiri.

Makabiarkan Allah menuliskannya untuk kita, sebuah jalan indah yang diridhaiNya. Tak perlulah rasanya kita terus gelisah, berkeluh kesah padaNya. Sekalipun itu bukan yang kita suka. Karena boleh jadi itu adalah yang terbaik untuk kita.

Masalah, musibah, cobaan, atau apapun itu yang mungkin kurang kita sukai. Jalani, nikmati, dan syukuri saja. Kita tahu, kita memang tidak menginginkannya. Tapi Allah lebih Mengetahui apa yang kita butuhkan.

Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Karena tidak ada sesuatu yang dicipkatakan dalam keadaan yang sia-sia. Kita membutuhkan semua itu, untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik, tegar, teguh pendiriannya, sabar,dan tabah.

Tak perlulah kita mengumpat, mengeluh atas apa yang kita terima. Suka atau tidak suka. Ingat! Allah Maha Mengetahui isi hati manusia. Karena bisa saja semua itu adalah yang terbaik untuk diri kita.

Marilah kita jadikan semua yang kita terima dalam hidup ini, alat untuk mendekatkan diri pada Sang Maha Mengetahui, untuk memperbaiki diri menjadi yang lebih baik,dan dapat bermanfaat bagi orang lain selama kita masih diberi kesempatan untuk menjadi aktor dalam skenario singkat ini.

Salam ukhuwah!

Hamdi Alfansuri, 30 Mei2013

*semoga bermanfaat! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar